1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan
jawab: Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketting mix tersendiri.
Tujuan : - pasar lebih mudah dibedakan
- pelayanan kepada pembeli semakin membaik
- strategi pemasaran lebih mengarah
- menganalisis pasar
- menemukan celah peluang
2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable
b. subtantial
c. Accesible
d. Diferentiable
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut
jawab: a. measurable > informasi mengenai sifat sifat pembeli yg mencakup ukuran,daya beli,dan segmen yg dapat diukur
b. subtantial > tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan jika di layani
c. accesible > segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif
d. diferentiable > segmen pasar yg ideal disisi internal harus homogen didalam segmen memiliki karakteristik namun secara eksternal dan internal adalah heterogen
3 Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi Pelanggan
b. Sensitifitas harga
Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi
tersebut berikan contohnya.
jawab: a. preferensi pelanggan > preferensi pelanggan seperti preferensi bahan makanan
contohnya: saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yg tidak suka bahan kimia
b. sensitifitas harga > ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan suatu produk atau jasa
contoh: mengamati perilaku pelanggan dan menghantarkan penawaran kepada perorangan
4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
b. Geografis
jawab: a. demografis adalah mendekati dan membagi pasar kedalam kelompok kelompok sejenis berdasarkan usia,gender
b. geografis adalah strategi yg berguna bagi banyak pelaku pemasaran
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pas
jawab : Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketting mix tersendiri.
analisis pasar adalah suatu oenganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifat pasar dan karakteristik pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar