Minggu, 15 September 2019

soal essay marketing kelas X BDP

1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan 
    dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan

jawab: Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar dengan strategi marketting mix tersendiri.

Tujuan : - pasar lebih mudah dibedakan
              - pelayanan kepada pembeli semakin membaik
              - strategi pemasaran lebih mengarah
              - menganalisis pasar
              - menemukan celah peluang


2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
    a. Measurable
    b. subtantial 
    c. Accesible
    d. Diferentiable
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing kriteria tersebut

jawab: a. measurable > informasi mengenai sifat sifat pembeli yg mencakup                                  ukuran,daya beli,dan segmen yg dapat diukur
            b. subtantial > tingkat keluasan segmen pasar dan menjanjikan keuntungan                      jika di layani
            c. accesible > segmen pasar dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif 
            d. diferentiable > segmen pasar yg ideal disisi internal harus homogen didalam                  segmen memiliki karakteristik namun secara eksternal dan internal adalah                      heterogen

3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:
    a. Preferensi Pelanggan 
    b. Sensitifitas harga
    Jelaskan dengan singkat dan jelas masing-masing segmentasi 
    tersebut berikan contohnya. 

jawab: a. preferensi pelanggan >  preferensi pelanggan seperti preferensi bahan                                                                     makanan
                contohnya: saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan yg tidak                                       suka bahan kimia  
            b. sensitifitas harga > ukuran kepekaan konsumen terhadap perubahan suatu                                                     produk atau jasa 
                contoh: mengamati perilaku pelanggan dan menghantarkan penawaran                                       kepada perorangan

4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan 
    a. Demografis
    b. Geografis

jawab: a. demografis adalah mendekati dan membagi pasar kedalam kelompok                              kelompok sejenis berdasarkan usia,gender
            b. geografis adalah strategi yg berguna bagi banyak pelaku pemasaran

5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pas

jawab : Segmentasi Pasar adalah pembagian kelompok konsumen/ pembeli yang memiliki                             kebutuhan, karakteristik, dan perilaku yang berbeda-beda (heterogen) di dalam pasar                           tertentu sehingga nantinya menjadi satuan pasar yang homogen dan dijadikan sasaran pasar                 dengan strategi marketting mix tersendiri.

               analisis pasar adalah suatu oenganalisisan atau penyelenggaraan untuk mempelajari                             berbagai masalah pasar. Analisis pasar menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifat pasar                   dan karakteristik pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar